May 9, 2021 By picantedubai.com 0

Asean University Games (AUG), Forum Pemersatu Pemuda Asean

Asean University Games (AUG) adalah acara multi-olahraga internasional yang melibatkan 11 negara (Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Laos, Singapura, Myanmar, Kamboja, Brunei, dan Timor Leste) di Asia Tenggara. Acara ini diadakan dua kali setahun. Ada 20 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang olahraga internasional ini, yaitu: Renang, Selam, Panahan, Atletik, Bulutangkis, Basket, Voli Pantai, Catur, Fenching, Sepak Bola, Futsal, Karate, Pencak Silat, Pentaque, Sepak Takraw, Meja Tenis, Taekwondo, Tenis, Bola Voli, dan Wushu.

Berbagai tujuan yang ingin dicapai melalui forum ini antara lain adalah sebagai berikut: memotivasi para mahasiswa peserta agar mampu mengembangkan wawasan internasional khususnya di bidang olah raga; mendorong peserta didik yang berpartisipasi untuk berkompetisi dan meraih prestasi setinggi-tingginya di bidang olahraga di tingkat nasional dan internasional, mendorong persahabatan antar siswa dari semua negara peserta Asean, dan untuk meningkatkan citra negara tuan rumah di forum internasional melalui partisipasi siswa negara tuan rumah dalam acara olahraga Internasional. Banyak sisi positif dari acara ini. Dari aspek pembangunan, negara peserta didorong untuk mengembangkan sarana dan prasarana olahraga negaranya agar bisa menjadi tuan rumah acara ini. Oleh karena itu, negara anggota ASEAN yang berniat menjadi tuan rumah perhelatan AUG mendatang harus mempersiapkan diri dalam kurun waktu 2 tahun sebelum perhelatan tersebut digelar. Ia dapat belajar dari negara tuan rumah sebelumnya seandainya tidak pernah menjadi tuan rumah acara tersebut.

Peran pemersatu Asean University Games akan semakin diperkuat dengan fakta bahwa kawasan ini akan disatukan menjadi Asean Economic Community (AEC) mulai tahun 2015. Banyak tokoh penting di kawasan tersebut mengatakan bahwa persahabatan antar negara Asean harus diprakarsai oleh Asean. pemuda yang pada akhirnya akan menjadi pemimpin wilayah ini di masa depan. Dalam sambutannya pada Pembukaan Upacara Pembukaan 17 Agustus 2014 di Palembang, Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI berharap Asean University Games dapat menjadi simbol silaturahmi para pemuda dan mahasiswa negara-negara Asean serta ajang pencapaian prestasi. prestasi tertinggi dalam olahraga. Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga dan organisasi kepemudaan memiliki peran penting dalam proses pembentukan karakter generasi muda. Melalui AUG para pemuda negara-negara ASEAN belajar bersaing dan meraih prestasi setinggi mungkin di bidang olahraga. Dan semoga mereka bisa menjalin persahabatan internasional dengan sesama atlet dari negara lain selama acara berlangsung. Diharapkan melalui persahabatan ini, saling pengertian dan kerjasama antar warga negara sekutu akan diperkuat. Sejalan dengan implementasi MEA di indonesia contohnya, kebutuhan untuk saling memahami antar warga negara anggota ASEAN jauh lebih dibutuhkan untuk mendorong implementasi Masyarakat Ekonomi Asean.