April 17, 2021 By picantedubai.com 0

Cara Mengidentifikasi Ratu Rayap

Jika Anda tinggal di mana saja di Indonesia, atau di daerah tropis lainnya, kemungkinan besar Anda sudah banyak mendengar tentang masalah rayap. Namun, Anda mungkin tidak tahu banyak tentang serangga ini dan organisasi sosialnya. Rayap adalah sejenis serangga sosial, yang dikenal suka memakan kayu, dan menyebabkan banyak kerusakan pada rumah. Mereka terkadang disebut semut putih, tetapi ini tidak benar, karena mereka lebih dekat hubungannya dengan kecoak daripada semut.

Namun, mereka tidak hanya makan kayu. Rayap sebenarnya merupakan bagian penting dari banyak ekosistem, karena mereka memakan semua jenis bahan tanaman mati, termasuk serasah daun, kotoran, dan bahan lainnya, selain kayu. Sekitar sepuluh persen dari empat ribu spesies rayap merupakan hama yang banyak menyebabkan kerusakan hutan, tanaman, dan bangunan. Namun, rayap jenis lain bertanggung jawab untuk mendaur ulang materi tanaman mati di daerah tropis dan subtropis.

Karena mereka adalah serangga sosial, Anda akan sering menemukan rayap di koloni yang dipimpin oleh ratu rayap. Saat dewasa, koloni rayap bisa terdiri dari beberapa ratus hingga beberapa juta serangga. Koloni rata-rata termasuk pekerja, nimfa, tentara, dan reproduksi jantan dan betina. Anda mungkin menemukan beberapa ratu rayap bertelur dalam satu koloni. Ratu rayap didefinisikan sebagai betina yang diterbangkan dan dikawinkan, dan sekarang menghasilkan telur. Laki-laki yang telah kawin dan tinggal di dekat ratu disebut raja. Namun, serangga ini tidak monogami, dan raja-raja memiliki sedikit tanggung jawab di koloni.

Saat dewasa, ratu utama memiliki kapasitas yang sangat besar untuk bertelur. Beberapa spesies bahkan menambahkan satu set ovarium ekstra dengan setiap mabung luar kerangka luarnya. Ini menghasilkan ratu rayap yang jauh lebih besar dari rayap lainnya. Mereka dapat dikenali dari perut buncit mereka dan kapasitas yang sangat meningkat untuk menghasilkan telur sebanyak dua ribu telur setiap hari. Ratu rayap tidak dapat bergerak dengan bebas, dan harus didampingi oleh pekerja. Dia menghasilkan pheremones yang berguna untuk mengintegrasikan koloni dan menjaganya tetap harmonis. Raja tumbuh sedikit setelah kawin, tetapi tidak jauh lebih besar.

Jika ratu rayap sudah dimusnahkan, tidak menutup kemungkinan dia akan tergantikan dari kasta rayap bersayap yang mampu bereproduksi. Jika tidak ada rayap yang tersedia, beberapa individu lain mungkin menjadi anggota kasta ini. Ini karena koloni tidak dapat beroperasi tanpa setidaknya satu ratu koloni menjadi tidak teratur dan tidak dapat berfungsi. Ratu adalah individu terpenting di seluruh koloni rayap, meskipun ada ribuan anggota di beberapa koloni.

Jika Anda melihat rayap di area pribadi Anda, segera hubungi profesional jasa anti rayap yogyakarta sebelum Anda mengalami kerugian besar karena serangan rayap yang merusak rumah dan bangunan Anda.